Ciri Makhluk Hidup

Kamis, 21 Februari 2013



A.    Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Untuk membedakan sesuatu tentu kita harus mengetahui ciri-cirinya, termasuk di dalam makhluk hidup, untuk mengetahu bahwa itu disebut makhluk hidup maka kita perlu tahu ciri-cirinya, ciri-ciri makhluk tersebut adalah:
1.      Bernapas
Bernapas adalah menarik udara ke dalam paru-paru dan menghembuskan kembali ke luar, tujuannya adalah untuk membebaskan energi yang terdapat di dalam makanan yang telah dimakan.
2.      Bergerak
Bergerak ini dibagi dua, yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif dimiliki oleh manusia dan hewan, begerak menggunakan alat gerak yang dimilikinya seperti tangan, kaki, sayap, dan sirip, sehingga dapat bergerak bebas untuk berpindah tempat. Berbeda dengan hewan dan manusia, tumbuhan memiliki gerak pasif,  maksudnya adalah tumbuhan begeraknya hanya pada saat tumbuh atau bereaksiterhadap rangsang, sehingga tidak berpindah tempat, sebagai contoh putri malu akan menguncup pada saat disentuh, hal tersebut karena peka terhadap rangsangan.
3.      Membutuhkan Makanan
Makanan merupakan hal yang penting bagi makhluk hidup, karena dari makanan lah makhluk hidup dapat mempertahanan hidupnya, makanan tersebut bermanfaat bagi pertumbuhan, memperoleh energi, serta mengganti sel-sel yang rusak. Berdasarkan bisa atau tidaknya suatu makhluk hidup menghasilkan makanan maka dibagi dua yaitu autotrof dan heterotrof. Autotrof adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri, contohnya tumbuhan hijau yang memperoleh makanan dari hasil fotosintesis, sedangkan heterotrof adalah makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, sehingga bergantung pada autotrof, contohnya adalah manusia.
4.      Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)
Apabila zat sisa yang ada pada makhluk hidup tidak dikeluarkan maka akan berbahaya bagi makhluk hidup itu sendiri, sehingga makhluk hidup itu akan mengeksresikan zat sisa yang ada, zat sisa akan menjadi racun apabila tidak dibuang. Contoh alat ekskresi pada manusia adalah paru-paru, kulit, ginjal, sedangkan pada tumbuhan stomata dan lentisel.
5.      Iritabilitas (Peka Terhadap Rangsang)
Iritabilitas adalah kepekaan atau kemampuan untuk menyadari adanya dan menanggapi rangsangan, contohnya adalah bunga putri malu yang menguncup apabila disentuh.
6.      Tumbuh Dan Berkembang
Tumbuh dan berkembang adalah proses bertambahnya volume pada suatu makhluk hidup yang tidak bisa kembali lagi ke volume asalnya.
7.      Berkembang Biak (Reproduksi)
Reproduksi adalah proses alami pada binatang dan tumbuhan dengan menurunkan individu-individu baru untuk melestarikan jenisnya, sehingga tidak mengalami kepunahan. Reproduksisendiri ternagi menjadi dua yaitu seksual/generatif dan aseksual/vegetatif.
8.      Beradaptasi
Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitarnya, tujuannya adalah untuk bisa bertahan hidup. Contohnya adalah burung yang berenang kakinya akan memiliki selaput, pada tumbuhan bentuk daun akan menyesuaikan dengan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Blog Archive