Bayi Kembar

Minggu, 10 Februari 2013


Anda mungkin sudah tidak asing dengan bayi kembar, karena banyak kita jumpai di sekitar kita, jumlah bayi lahir yang kembar pun berbeda-beda ada yang dua, dan ada pula yang ebih, namun mengapa terjadi bayi kembar? Mungkin ini pertanyaan yang biasa kita dengar, tetapi bagaimana jawabannya? Mungkin bermacam-macam tergantung pengetahuan masing-masing yang menjawab, namun disin saya akan mencoba sedikit berbagi pengetahuan tentang terjadinya bayi kembar dengan pnedekatan ilmu yang saya miliki.
Sebagaimana kita ketahui bahwa kembar itu sendiri terbagi menjadi dua macam berdasarkan kejadiannya, yaitu:
1.      Kembar fraternal
Bayi yang kembar fraternal ini berasal dari zigot, ovum, dan seperma yang berbeda, karena berasal dari komposisi yang berbeda maka susunan genetisnya juga berbeda. Kemungkinan bayi yang lahirnya pun memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi morfologi, anatomi, fisiologi, serta jenis kelaminnya.

2.      Kembar identik
Sedangkan pada bayi kembar identik, berasal dari satu zigot akan tetapi terjadi pembelahan pada tingkat awal embrio atau segmentasi, bisa juga disebut blastula. Zigot tersebut mengalami pembelahan dan mengalami pertumbuhan masing-masing. Pembelahan zigot tersebut bisa menjadi dua atau lebih. Karena bayi kembar identik berasal dari sperma dan juga ovum yang sama, maka susunan genetiknya pun akan sama, tidak hanya itu, jenis kelamin, anatomi, morfologi, fisiologinya pun akan sama, bahkan karakter genetisnya pun akan sama.
Setidaknya ini bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada kita mengenai proses terjadinya bayi kembar, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, dimohon juga bagi para pembaca untuk memberikan komentar dan juga koreksinya terhadap tulisan ini, cukup sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Categories

Blog Archive