ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

AMAL TAQWA

Monday, March 4, 2013
Yang dimaksud dengan amal taqwa adalah melaksanakan dan mengamalkan semua perintah Allah Swt. dengan tekun dan penuh dedikasi serta menjauhi semua larangannya dengan sikap waspada dan hati-hati. Sikap taqwa inilah yang dapat mendatangkan mahabbah atau kasih sayang AllahSwt. Firman Allah Swt:
Ÿwur (#þqãZÏB÷sè? žwÎ) `yJÏ9 yìÎ7s? ö/ä3oYƒÏŠ ö@è% ¨bÎ) 3yßgø9$# yèd «!$# br& #tA÷sムÓtnr& Ÿ@÷WÏiB !$tB ÷LäêÏ?ré& ÷rr& ö/ä.q_!$ysムyZÏã öNä3În/u 3 ö@è% ¨bÎ) Ÿ@ôÒxÿø9$# ÏuŠÎ/ «!$# ÏmŠÏ?÷sム`tB âä!$t±o 3 ª!$#ur ììźur ÒOŠÎ=tæ ÇÐÌÈ  
73. Dan janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikuti agamamu [205]. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah, dan (janganlah kamu percaya) bahwa akan diberikan kepada seseorang seperti apa yang diberikan kepadamu, dan (jangan pula kamu percaya) bahwa mereka akan mengalahkan hujjahmu di sisi Tuhanmu". Katakanlah: "Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Allah memberikan karunia-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Luas karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui";
[205] Kepada orang-orang yang mengikuti agamamu Maksudnya: kepada orang yang seagama dengan kamu (Yahudi/Nasrani) agar mereka tak Jadi masuk Islam atau kepada orang-orang Islam yang berasal dari agamamu agar goncang iman mereka dan kembali kepada kekafiran.
Ada pun ayat yang menggambarkan kualitas pribadi orang yang bertaqwa dapat dilihat di dalam firman Allah Swt dalam surat Al-Baqarah: 177. Di dalam ayat ini disamakan dengan Al-birr atau berbuat kebajikan.

* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$# br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$# É>̍øóyJø9$#ur £`Å3»s9ur §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur É=»tGÅ3ø9$#ur z`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur tA#uäur tA$yJø9$# 4n?tã ¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur Îûur ÅU$s%Ìh9$# uQ$s%r&ur no4qn=¢Á9$# tA#uäur no4qŸ2¨9$# šcqèùqßJø9$#ur öNÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã ( tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ïä!#§ŽœØ9$#ur tûüÏnur Ĩù't7ø9$# 3 y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$# (#qè%y|¹ ( y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd tbqà)­GßJø9$# ÇÊÐÐÈ  
177. Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.

Dari ayat di atas dapat dimpulkan bahwa orang-orang yang bertaqwa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Beriman kepada Allah, hari kiamat, malaikat, kitab suci, para nabi.
2.      Mau memberikan harta yang dicintainya kepada karib kerabat, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, peminta-minta, memerdekakan budak.
3.      Mengerjakan shalat, dan membeyar zakat.
4.      Memenuhi janji.
5.      Sabar dalam berperang (berjuang) di jalan Allah terutama jika terkena malapetaka dan kesulitan.
Dengan demikian, orang yang bertaqwa adalah mereka yang benar-benar memiliki integritas pribadi yang sempurna lahir dan batin.
Share This :

0 comments