ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

PASAR 46 KOTA BANDUNG

Thursday, August 13, 2020

Pasar kaget 46 Bandung

 Jika kamu tinggal di daerah Cibiru Kota Bandung, tentu sudah tidak asing lagi dengan pasar 46 dong? yups! Karena pasar tradisional ini selalu buka setiap hari minggu pagi sampai siang. Dinamakan pasar 46 karena pasar ini berada di jalan menuju SMPN 46 Bandung. Sebenarnya ada juga SMAN 26 dan SMAT Krida Nusantara yang juga berdekatan, tapi tidak setepat lokasi SMPN 46, dua sekolah tadi agak ke dalam lagi lokasinya.

Pasar ini menyediakan banyak hal, dari mulai keperluan dapur, jajanan, pakaian, sampai wahana permainan anak. Sebagaiamana pasar tradisional pada umumnya, di sini juga kamu boleh menawar harga jika kurang sesuai, meskipun harga di sini sebenarnya sudah relatif murah-murah kok.

Di sini para pedagang berjajar di kiri dan kanan sepanjang jalan, meskipun jalannya ada yang menanjak, tapi tetap saja selalu dipadati oleh para pengunjung setiap minggunya. Baik yang sengaja datang untuk belanja maupun sekedar jalan santai berolahraga.

Pengunjungnya pun bermacam-macam, dari anak-anak sampai orang dewasa. Pasar ini juga kerap dijadikan sebagai tempt “cuci mata” bagi mahasiswa UIN Bandung, karena lokasinya memang tak jauh dari kampus itu, mahasiswa kampus lain juga tentu tak ketingggalan, terutama yang ngekosnya di sekitar itu. Bukan hanya untuk “cuci mata” sih sebetulnya, pasar ini juga sangat membantu mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan hidup selama berada di kost-kostan.

Malah, tidak sedikit juga mahasiswa yang berwirausaha di sini. Entah itu karena niat sendiri atau tugas kewirausahaan dari kampusnya. Tempat ini tentu sangat cocok untuk belajar bebrwirausaha, karena pengunjungnya juga banyak, ya sekedar menawarkan minuman atau jajanan ringan, dijamin laku deh!

Kalau menyusuri jalan lebih jauh ke arah atas pasar 46, di sana kamu akan sampai di ujung pasar, jumlah pedaganya tidak sebanyak di bawah, nah biasanya di sana ada jongko-jongko kecil, sambil istirahat dari lelahnya jalan menanjak, kamu bisa juga menikmati minum kelapa atau makan sate dengan view kota bandung di bawahnya. Lumayan indah lah ya.

Jika ingin mengunjungi pasar ini, kamu bisa mengaksesnya dari banyak jalur, diantaranya bisa melalui jalan desa Cipadung atau dari bunderan Cibiru. Jika mengambil jalan Desa Cipadung tinggal lurus saja ke atas melewati MAN 2 Kota Bandung, bisa dengan kendaraan pribadi atau naik ojeg pangkalan.

Jika ngambil dari bunderan Cibiru nanti kamu akan masuk ke jalan manisi, lurus, setelah menemukan pertigaan belok ke arah kiri sampai mentok di dekat gedung SD, lalu belok kanan dan lurus saja. Usahakan menggunakan roda dua, karena kalau roda empat pasti kurang pas karena akan banyak kerumunan sehingga perjalanan akan menemukan banyak hambatan.

Sekian informasi dari saya mengenai pasar 46 kota Bandung, semoga memberikan informasi atau sekedar bernostalgia bagi kalian yang punya pengalaman di sana, khususnya mahasiswa UIN Bandung. Terima kasih.

 Dokumentasi:

Salah satu area parkir di pasar 46 Bandung




 


 


 





 

 

Share This :

0 comments