ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Punya Masalah dengan Tumbila/Kutu Busuk (Cimex lectularius)?

Saturday, November 17, 2012
Sebelum kita menemukan solusinya, terlebih dahulu kita kenalan dengan kutu busuk tersebut. Kutu busuk berukuran kecil, sekitar 5-15 mm sepintas terlihat berwarna hitam atau coklat dan perutnya belang, terdapat 2 taring di kepalanya yang berfungsi sebagai alat penggigit dan penghisap darah.

Mereka menyukai tinggal di celah-celah yang tersembunyi dan dekat dengan manusia serta kelelawar karena kutu busuk ini penghisap darah manusia, kemungkinan juga darah selain manusia. Yang menjadi tempat favoritnya adalah di tempat-tempat seperti kasur, sprei, kursi, termasuk kursi yang terdapat di bioskop (hati-hati itu,) atau di lipatan-lipatan pakaian, mereka mampu bertahan hidup tanpa menghisap darah sampai berbulan-bulan sampai akhirnya mereka menemukan darah.

Cara reprodksi mereka adalah bertelur, dalam waktu yang sangat singkat bisa memproduksi telur dalam jumlah yang banyak, yaitu 200 butir (3-4 butir telur setiap harinya) biasanya bertelur di habitat yang telah disebutkan tadi.
Siklus hidup kutu busuk (Sumber)

Kutu busuk bisa menggigit tanpa disadari korbannya. Biasanya mereka akan agresif pada malam hari mereka akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya.

Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung (http://id.wikipedia.org/wiki/Kutu_busuk)

Berikut ini adalah klasifikasi dari kutu busuk 
Kingdom : Animalia 
Filum       : Arthropoda 
Classis     : Insecta  
Ordo       : Hemiptera 
Family     : Cimicidae 
Genus      :Cimex 
 Spesies : Cimex lectularius 

Pemberantasan yang dapat kita lakukan adalah (dikutip dari artikel tetangga): 
1. Letakkan kulit Durian dibawah tempat yang banyak terdapat kutu busuknya. Biarkan beberapa hari, niscaya kutu busuk akan lenyap. 
2. Ambillah beberapa Buah Asam segar, kupas kulitnya dan letakkan di tempat kutu busuk berada. Maka kutu busuk akan pergi jauh-jauh dari tempat tersebut. 
3. Menaruh Daun Mindi kering di bawah kasur juga dapat mengusir Kutu Busuk.
4. Bisa juga pakai Baygon kok bunuhnya, yang penting sering dijemur kasurnya, tujuannya untuk membunuh telur – telurnya. 
 5. Meneteskan lilin/minyak tanah di tempat-tempat yang tersembunyi, termasuk lekukan-lekukan kasur, jumlah tetesannya sesuaikan dengan kebutuhan, yang penting tetesan lilin menutup celah-celah sekaligis memanaskan/mematikan telur dan nymfa. 
6. Dan yang paling efektif adalah mengeringkan/menjemur tempat-tempat habitatnya, seperti kasur dan sofa. 

Yang terpenting adalah kita mengetahui karakteristik dari kutu busuk tersebut, termasuk habitatnya sehingga kita bisa mengendalikannya, dan yang terpenting lainnya adalah jangan sampai kita sendiri yang jorok sehingga menyediakan tempat tinggal kutu busuk tersebut. Cukup sekian dulu semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.
Share This :

4 comments

  1. mas, dirumah saya ada binatang tumbila. uda disemprot make baygon, segala macem, trus juga uda dijemurr. tapi tetep aja masih ada !!!

    ReplyDelete
  2. kutu busuk gua dimana mana,udah dijemur,dipakein baygon gangaruh,mungkin ini kutu keluaran baru,atau sudah brevolusi seperti batuan metamorf,

    ReplyDelete
  3. Sayang nya belum ada obat racun yang di produksi masal dan dibeli dengan mudah... Stress juga kalo sampe banyak di kasur kutu busuk/bangsat nya...
    Dah banyak yang komentar di jemur kasur dan di semprot bay*on juga ga mempan kutu nya...

    ReplyDelete